MPLS SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga: Menguatkan Karakter Ramah Sejak Hari Pertama Sekolah

Posted on Sat-Jul-2025
Berita
...

Salatiga. SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga sukses menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru tahun ajaran 2025/2026 yang berlangsung selama lima hari, mulai Senin (14/7) hingga Jumat (18/7). Mengusung tema besar “RAMAH” (Religius, Aktif, Mandiri, Amanah, Humanis), MPLS tahun ini menekankan pada penguatan karakter positif sejak hari pertama siswa menapakkan kaki di sekolah.

Kegiatan MPLS ini dirancang tidak hanya untuk mengenalkan lingkungan fisik sekolah, tetapi juga membentuk fondasi karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Sekolah Islam Terpadu yang menjadi ciri khas SMP IT Nidaul Hikmah. Para siswa baru diperkenalkan pada budaya sekolah, tata tertib, program keislaman, pembiasaan ibadah, serta semangat belajar yang menyenangkan dan membangun kolaborasi.

Hari pertama diawali dengan penyambutan hangat oleh para guru, dilanjutkan dengan pengenalan visi-misi sekolah, tata tertib, serta penjelasan kurikulum pembelajaran. Dalam hari-hari berikutnya, siswa mengikuti berbagai sesi interaktif seperti fun games, pembiasaan ibadah dhuha dan dzikir pagi, tur keliling sekolah, hingga pembekalan literasi digital dan wawasan kebangsaan.

Kepala SMP IT Nidaul Hikmah, Ustadz Imam Wijayanto, S.Pd.I., dalam sambutannya menyampaikan bahwa MPLS tahun ini menjadi pijakan awal yang penting dalam membentuk karakter peserta didik yang unggul, berakhlak mulia, dan siap belajar. “Kami ingin sejak awal siswa merasa diterima, dihargai, dan mulai membangun ikatan yang kuat dengan nilai-nilai kebaikan di sekolah ini,” ungkap beliau.

Dengan selesainya rangkaian MPLS hari ini, diharapkan seluruh siswa baru siap melanjutkan proses belajar dengan semangat dan komitmen sebagai bagian dari keluarga besar SMP IT Nidaul Hikmah. 

MPLS 2025 bukan sekadar orientasi, melainkan langkah awal menuju terbentuknya generasi RAMAH yang akan tumbuh menjadi pelajar eksis, mandiri, dan berprestasi.